Loading...
Rabu, 22 April 2015

Hari Bumi, Seberapa pedulikan kita?

Hal yang paling saya suka dalam hidup saya adalah menulis. Itulah kenapa saya begitu senang jika dalam satu hari bisa mengisi lapak saya dengan coretan. Tidak setiap hari saya bisa meluangkan waktu untuk menulis, atau jikapun punya waktu akan tetapi ide berhamburan entah Kemana..... #alesanbgt Hehe

Okehhhh..... Berhubung hari ini adalah hari spesial, saya sudah pasti akan menyempatkan waktu untuk  menulis barang sekata dua kata. 

Tahukah kita, bahwa setiap tanggal 22 April diperingati sebagai hari bumi? Lantas apakah hari bumi itu? Mari kita berbagi cerita kawan.....

Hari bumi atau yang lebih keren disebut dengan Earth Day ini, diperingati setiap tahun. Ada yang memperingati dengan tidak menyalakan AC (air condition) dalam satu hari, ada yang tidak mandi selama sehari, ada yang melakukan kajian tentang "Kondisi Bumi" saat ini, dan berbagai macam kegiatan lainnya yang dijadikan sebagai peringatan untuk tetap mencintai bumi yang kita pijak saat ini agar aman, tenteram dan semakin panjang usianya supaya bisa menjadi sumber penghidupan kita, anak, cucu dan cicit - cicit kita kelak.

Jika dibandingkan dengan hari Bumi tahun lalu, ada perubahan yang sangat signifikan yang saya alami. Jika tahun lalu malam hari bumi saya ikut memeriahkan diskusi penyelamatan bumi dan hutan di salah satu club literasi di Kota Balikpapan, tahun ini saya merayakannya di Kota Makassar tanpa diskusi apapun.

Tidak banyak yang bisa saya lakukan, hanya mencoba merawat tanaman yang saya pelihara sendiri sepulang kantor serta berusaha mematikan AC di dalam kamar untuk waktu tertentu. Yang saya lakukan sungguh amat tidak berarti apa - apa jika dibandingkan pengaruhnya dengan bumi yang kita cintai, namun sudah lebih baik daripada tidak melakukan apapun.

Seharusnya, Pembatasan penggunaan AC  dan penanaman dan perawatan tumbuhan serta tindakan penyelamatan lainnya tidak hanya dilakukan pada hari Bumi, akan tetapi dilakukan setiap saat dan oleh semua orang dan semua elemen, itu adalah sebuah harapan. Sebab sejatinya, jika kita berbuat baik dan berusaha menyelamatkan bumi kita, itu pula yang akan kita dapatkan (red. Diselamatkan), itulah hukum alam.

Lantas, apa saja yang pembaca lakukan pada hari bumi ini? Apakah ada manfaatnya untuk bumi kita?

Karena itu, mulai pada hari bumi ini, marilah kita bersama - sama sadar untuk menjaga bumi kita dengan baik. Banyak cara yang bisa kita lakukan, menghemat air misalnya, mengurangi penggunaan tisu, mematikan AC, menanam tumbuhan, tidak merusak hutan, mengurangi penggunaan kantong plastik dan banyaaaaaak hal lainnya.

//Cintai dan sayangi Bumi kita, karena dengan begitu bumi juga akan mencintai dan menyayangi kita. Rawat bumi kita, maka kita pun akan dirawat oleh bumi.


SELAMAT HARI BUMI 2015
Makassar, 22 April 2015

#LatifahRatih

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP