Loading...
Thursday, July 17, 2014

Manusia itu Unik dan Kuat

Manusia itu Unik, manusia itu Kuat.
Mungkin itulah kenapa Allah menciptakan manusi sebagai makhluk paling sempurna.

Manusia di anugerahi Akal yg baik, fisik yang baik, Kuat dan memiliki banyak kelebihan yang luar biasa.

Mungkin kadang ada yang diciptakan tidak sempurna fisik luarnya, namun kelebihannya melebihi manusia yang diciptakan dengan fisik yang sempurna.

Kenapa saya katakan Manusia itu unik?
Karena Manusia diciptakan dengan beragam kemampuan, fisik dan kecerdasan. Selain itu, ada hal yang jauh lebih penting, yakni mental.

Mental menjadi salah satu aspek terpenting seorang Manusia. Kenapa saya katakan begitu? Karena untuk melangkah dari tangga usia terendah seorang manusia, banyak tahapan masalah yang harus dilaluinya. Tahapan masalah yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda tergantung sejauh mana manusia tersebut dapat mengembannya atau tidak, karena Allah  tidak akan memberikan sebuah masalah jika Allah tahu itu tidak dapat di Emban hamba-Nya. 

Menjadikan mental kuat seorang Manusia butuh pengorbanan. Manusia terkadang harus sedih, menyesal atau mungkin yang lebih buruk dari keduanya.

Itulah alasan mengapa Allah sangat menekankan seorang manusia untuk menuntut ilmu. Dengan berilmu, seorang manusia bisa membedakan yang salah dan yang benar. Allah tidak membatasi ilmu hanya yang di dapatkan dari pelajaran agama akan tetapi semua bidang ilmu. Semakin tinggu ilmu yang dimiliki seseorang, baik itu ilmu agama maupun umum, maka akan semakin besar pula masalah yang harus dihadapinya. Itu adalah proses untuk melalui tahapan-tahapan terendah menuju tahapan tertinggi.

Selain itu, manusia sudah pasti butuh sosialisasi. Semakin banyak relasi di luar sana akan semakin baik jika manusianya menjaga silaturrahmi yang sehat dengan sesamanya. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa semakin banyak kita mengenal orang, maka semakin banyak pula masalah yang akan dihadapi. Disanalah proses itu ada, melalui keluarga, kerabat, sahabat bahkan dengan orang - orang yang baru kita kenal.

Jika seorang manusia tidak memiliki satupun masalah, maka itu menjadi pertanyaan besar.

Kenapa Manusia saya katakan kuat?
Karena hanya manusia yang diberikan beragam masalah, berbeda dengan makhluk lain.
Manusia juga dihimbau oleh Allah utuk tidak berputus asa, karena Allah telah menyediakan penyelesaian setiap masalah-masalah itu yang menunggu untuk kamu raih.

Intinya, bersyukurlan karena diciptakan menjadi Makhluk sempurna oleh Allah. Allah tidak akab menciptakan apapun di Dunia ini kecuali ada kegunaan daripadanya.

Balikpapan, 18 Jul 2014, 00.57
Lathifah Ratih

Note : Merujuk dari pengalaman pribadi dimana Allah memberikan banyak tahapan yang harus Aku lalui di tengah bulan yang penuh berkah

2 comments:

  1. dan sayangnya banyak manusia sendiri yang ga sadar akan keunikan mereka sendiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kang.
      Terkadang manusia lupa akan apa yang dianugerahkan padanya.
      Makasih sudah berkunjung.

      Delete

 
TOP