Loading...
Sunday, October 25, 2015

Belajar…. Belajar… dan Belajar

Oleh : Latifah Ratih

Sumber Foto : Internet
Berbicara tentang sebuah kata “ Belajar”, siapapun saya rasa tahu artinya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata belajar di artikan menjadi tiga, yaitu : Pertama, berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu: Kedua berlatih: dan Ketiga berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Jadi sangat jelas, apa itu arti belajar.

Belajar itu sendiri tidak hanya dengan satu cara, ibarat kata “banyak jalan menuju Roma”, kata ini juga berlaku dalam hal belajar atau menuntut ilmu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh ilmu.

Berbicara tentang ilmu dan belajar, saya jadi teringat mata palajaran Qur’an Hadist di Sekolah Madrasah dulu. Karena semua siswa diwajibkan menghafal Hadist setiap pertemuan, ada satu hadist tentang ilmu yang sampai sekarang masih sangat kuat di ingatan saya yang artinya : “Tuntutlah ilmu mulai dari buaian sampai liang lahat”(HR. Muslim). Sedikit banyak, hadist ini setidaknya telah mengingatkan kepada kita semua bahwa menuntut itu tidaklah ada batasannya. Jangan pernah beranggapan hanya karena usia yang semakin senja, seseorang sudah cukup untuk belajar atau menuntut ilmu.

 Menuntut ilmu itu tidak ada ruginya selama kita bersungguh – sungguh. Dalam Al-Qur’an juga jelas ditegaskan bahwa orang yang memiliki ilmu itu akan ditinggikan derajatnya. Berikut Surah yang artinya :
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11). Saya rasa sudah sangat jelas bukti disekitar kita tentang hal ini. Banyak orang – orang diluar sana yang berilmu yang karena ilmunya itulah derajatnya jauh lebih tinggi daripada mereka yang ilmunya kurang.

Jadi marilah kita sama – sama belajar atau menuntu ilmu, baik itu ilmu formal maupun ilmu non formal. Ilmu non formal bisa kita temui dimana saja, termasuk di lingkungan kita tinggal dan lingkungan dimana kita bekerja. Salam Sumangak…!!! (LaRa)
Note : Tulisan ini disertakan dalam Newsletter R8 Group Periode Oktober 2015

0 comments:

Post a Comment

 
TOP