Loading...
Tuesday, April 24, 2012

Aku dan Jalanku

Lama Tak Menulis, kerinduanku membaca catatan - catatan masa laluku membuat aku kembali mengambil hikmah dari setiap deretan huruf - huruf itu. Huruf demi huruf itu menyatu menjadi sebuah kata dan kemudian menjelma menjadi kalimat.... Kalimat - kalimat masa lalu.

Hari ini, aku masih tetap berdiri kokoh pada jalan yang telah aku mulai dahulu, aku tidak akan pernah menyerah hanya karena rintangan - rintangan yang menghadang.

Aku masih seperti dulu, yang setia bertumpuh pada kedua kakiku dan berusaha menggapai tujuan yang telah aku tetapkan di ujung jalan nun jauh disana yang belum sempat aku gapai. Aku  berusaha memaksimalkan semua indraku meski sampai sekarang belum maksimal.


Jalan yang aku lalui kemarin sungguh banyak rintangan untuk bisa sampai ke sini. Jalan itu memang tak kelihatan lurus dari awal, berliku dengan bebatuan - bebatuan tajam yang siap mencabik - cabik kaki ini tuk menghentikan langkah siapapun yang ingin melaluinya. 

Tapi, Aku tidak takut. Jalan itu selamanya tidak akan bisa ditaklukkan kalau hanya menunggu hingga kerikil - kerikil tajam itu menjadi halus. Aku tahu aku harus melaluinya, menapaki meski sedikit - demi sedikit meski saya kadang kala harus menangis meringis kesakitan bahkan terluka. 

Aku tahu, jika hanya karena alasan tak punya sendal aku tidak mencoba melaluinya, lantas bagaimana dengan kaki - kaki yang juga tidak memiliki sendal dibelakang saya? saya harus mencobanya, meski kaki ini luka dan berdarah asal mereka yang dibelakang saya setidaknya bisa ikut melaluinya, mencobanya dengan terlebih dahulu aku hancurkan kerikil - kerikil runcing itu dengan kaki dan tanganku.

Sejauh mata memandang di sepanjang jalan di depan aku ini, ujungya belum kelihatan, rintangannya juga tidak sedikit tentunya. Mungkin saja d depan sana jalanannya bukan lagi kerikil berduri dan tikungan yang tajam, tapi pendakian atau jurang yang terjal. Aku harus mempersiapkan semuanya, pelengkapan yang bisa menyelamatkanku agar tak jatuh dan terperosot hingga tak terselamatkan sebelum sampai d tujuan. Ah... Aku harus optimis aku bisa melaluinya, aku bisa melewatinya, demi mereka yang saya cintai, Ibuku, Ayahku, Adik - Adikku dan sesamaku.

Kutai Barat, 25 April 2012

Lathifah Ratih

28 comments:

  1. kk yakin pasti dirimu bisa melewati rintangan berikutnya, karena begitu panjang perjalan yg penuh rintangan telah berhasil kau lalui, dan ini menjadi pembelajaran untuk melangkah selanjut, karena Kau Wanita yg tanggguh, salut dengan perjuangan hidup mu dek...bahagiakan orang2 yg kau sayangi..keep hammasah :)

    ReplyDelete
  2. @Aisa : Iya... itulah hidupku dan jalan yang saya tempuh.
    @kak Tia : Makasih KK,,,, Kata2 kak tia membuat saya semakin yakin,,, Insya Allah sy akan kerahkan semua apa yang saya bisa demi org2 yg saya cintai ^__^

    ReplyDelete
  3. jangan mengeluhkan hidup, karena keluhan hanya akan menambah beban perjalanan. Nikmati dan syukuri, karena dengan begitu hidup menjadi lebih ringan. Saya percaya kamu bisa lebih cepat lagi dalam melangkah, karena bekal pengalaman masa lalu yang telah kamu lalui akan memberikan solusi dalam menghadapi rintangan masa depan.. bukan hanya demi mereka, tapi yang terpenting untuk dirimu sendiri yang lebih baik.. Semangat..!!!! :)

    ReplyDelete
  4. @kak Andro : Saya tidak mengeluh kak,,, tapi saya mencoba menjelaskan karena bisa jadi yang saya lalui ini bs menjadi pelajaran berharga dan motivasi untuk orang lain. :)

    ReplyDelete
  5. masa lalu hanya sbgi pijakan untuk menataap masa depan yg lebih baik.

    masa lalulah yg membuat kita seperti ini dan itulah proses kehidupan.... nikmati dan syukuri... menurt aku sih :)

    ReplyDelete
  6. BÉtul sekali, Masa lalu Ðan pengalÀman2lah yg mengajari semuanya.... :)

    ReplyDelete
  7. hidup dan masalah itu seperti dua sisi mata uang, gak akan ada yang satu tanpa ada yang lain. jadi mari kita hadapi kedunya dengan penuh ikhlas...

    ReplyDelete
  8. @kak Ridwan : Betul sekali itu kak... :D

    ReplyDelete
  9. benar sekali, Mbak, mari senantiasa bersiap untuk melalui jalan yang tidak selalu sama dengan setahun, sebulan, seminggu, sehari, bahkan beberapa detik yang lalu...

    bismillahi tawakkaltu 'alallah...

    ReplyDelete
  10. Insya Allah Bekal pengalaman setidknya menjadi bekal, meski hanya sedikit. ^_^

    ReplyDelete
  11. dan bagaimanapun hidup terus berlanjut, maka lalui saja :)
    `semangat...

    ReplyDelete
  12. Betul sekali... Thanks to Danoim :)

    ReplyDelete
  13. WoWww...
    Muhasabah yg indah... Nice.. ^_^

    jadi ngelamun abis baca postingan ini...
    untuk masa lalu, masa sekarang dan masa depan..
    sukses yaa.. :D

    ReplyDelete
  14. @kak Bonit : Komentarnya membuat saya lebih termotivasi untuk Nulis :D Makasih Kak... ^_^

    ReplyDelete
  15. Hmmm......
    LANJUTKAN !!! \(^_^)/

    ReplyDelete
  16. Itulah Kehidupan dijalur hauling

    ReplyDelete
  17. @Kak Bonit : Makasih KK :)
    @Azwan : ha ha ha......samajieQ

    ReplyDelete
  18. @mas Ihsan : wkwkwkw... Makasiiih... Belajarrr... ^____^

    ReplyDelete
  19. Semangat mbak..apapun jalan yg kau pilih untuk kau jalani, dan seberat apapun itu..
    maka ketika kau tengok ke belakang..akan selalu ada kami (sahabatmu) di sana..dan tersenyum untukmu..:D

    ReplyDelete
  20. @Nick : Always Dear... Karena Kalian saya Termotivasi :D

    ReplyDelete
  21. huhuuu..saya salut sebenarnya stlh baca mba lathifah prnh ke belanda bbrp waktu lalu pd usia yg masi tergolong muda,itu merupakan cicipan2 manis disela perjalanan... be strong mbaaaa ^__^ didepan sana pasti banyak menunggu kejutan2 dr Alloh.swt..tulisan ini skaligus mmberiku kekuatan,bahwa sejatinya perjuangan mmg selalu butuh pengorbanan..sama2 saling mendoakan agar kita bisa menapakinya dgn lancar yaa \(^.^)9 semangaat!

    ReplyDelete
  22. @Nurul : iya Mbak.... Saya juga bersyukur bisa melaluinya semua,,, banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari setiap perjalanan saya.... Tetap Optimis dan berfikiran positif Mbak, sesulit apapun perjuangan insya Allah akan dilewati... :D

    ReplyDelete
  23. Aku ingin menaklukkan jalanku !!! jangan hanya menunggu !! yeah ^^

    ReplyDelete
  24. Yeah... Betul Sekali........ Waktu tidak akan menunggumu.... :D

    ReplyDelete
  25. Salut dengan semangat nya, mbak..
    Semangat itu bikin hidup lebih hidup :)
    Salam Kenal yaaa :))

    ReplyDelete
  26. @Unni : Harus semangat selalu... My Family is my Motivation...
    Banyak Berpetualang, banyak pengalaman, cita - cita tinggi jadi tujuan utama....
    Salam Kenal Balik :D

    ReplyDelete

 
TOP