Loading...
Monday, December 12, 2016

Marketing Mix ColdPlay

Oleh : Taufik Harris, MBA

Tulisan ini sengaja saya buat karena selain sebagai praktisi marketing, saya juga sangat hanyut dalam kata gaul nya belum bisa "moveon " dr konser keren coldplay di melbourne tanggal 9 des kemarin. Saya bisa mengatakan dr paham marketing yang saya ketahui i can say they nail it. Mereka sangat sukses membuat konser bukan hanya konser. Saya akan jelaskan satu persatu mengapa demikian dr sudut pandang marketing mix dimana semua marketer pasti paham.

Pertama, Product. Mereka sangat berhasil menjual augmented product. Apa artinya? Mereka dalam hal ini, tim kreatif Coldplay tidak hanya menjual konsernya saja, tapi mereka jualan PARTY. Didalam konser tersebut terangkai menjadi satu antara konser, pesta kembang api, pesta laser, pesta lampu, pesta makan dan minum ( selama konser kita sangat nyaman karena didalam area konser karena terdapat berbagai jenis makanan dan minuman). I can saya it was a full package, briliant package, unforgetable package. Ada hal lain yang juga memorable buat saya yaitu selama konser air minum mengalir dari para crew konser terutama front row area festival. Mereka tahu orang orang ini adalah big fans dari Coldplay and they have to be treated very well jadi mereka dapat pengalaman mengesankan dan akan tetap jadi advokat ( istilah hermawan kertajaya ).

Kedua, Price. Mereka tidak menjual lebih mahal dari konser lainnya. Tapi pertanyaan berikutnya bagaimana mereka dapat menyuguhkan pertunjukan yang sangat wow
? Nah sederhana, economy of scale mereka gunakan. Stadion disulap menjadi arena konser yang komplit. Kita tahu pasti bahwa stadion dapat menampung ratusan ribu orang. Stadion etihad yang dipakai konser mempunyai daya tampung 53.300 seats ( sumber wikipedia ) diluar area festival ( berdiri ) yang menurut saya hampir sama banyaknya dengan yang duduk. Jadi penonton malam itu saya perkirakan ada hampir 100 ribu orang lebih... Dahsyat bukan??

Ketiga, Place. Place dalam hal ini bukan hanya pemilihan tempat yang tepat. Namun tempat tersebut disulap menjadi tempat yang sangat nyaman. Dan dalam akses apapun juga mulai dr pembelian tiket yang gampang, cara mengakses tempat konser dan lain lain diatur dengan sangat baik. Kita tidak punya halangan apapun juga.

Keempat, promotion. Bila kita melihat hal ini, mungkin kita katakan saja bahwa band ini tidak usah promo juga laku. Nah ini bedanya. Mereka sangat tahu promo itu penting sehebat apapun kita. Nah cara yang dilakukan adalah yang paling sederhana, original dan masif yaitu sosial media. Promo yang dilakukan :
1. Dimanapun mereka konser mereka pasti membuka satu sesi live melalui sosial media dimana salah satu fans secara spontan dapat merequest satu lagu apapun yang dia inginkan. Ini tidak dilakukan oleh band lain. Dan ini jadi pembeda yang sangat bagus. Live video sedang hits dan mereka tahu menggunakannya dengan sangat baik.
2. Word of mouth para fans. Konser everglow coldplay memang jadi perbincangan. Konsep mereka sangat keren dan matang. Mereka tahu memperlakukan fans nya dengan sangat tepat. Bahkan ada kejadian mengejutkan dimana chris martin memberhentikan konser selama 5 menit dan membiarkan salah satu fans melamar pasangannya didepan ratusan ribu pasang mata ( dimana ini tidak ada dalam rundown acara ). Sesi melamar ini juga sempat viral disosial media terutama instagram. Saya yakin pasangan tersebut akan jadi lifetime fans coldplay.
3. Promosi gratis terakhir adalah pastinya dari semua orang yang hadir. A wonderful Party. Semua orang mendapatkan experience yang melebihi ekpektasi mereka. Mereka disuguhkan bukan hanya konser biasa tapi sebuah adventure of a lifetime ( mengambil salah satu judul lagu coldplay ). Contoh kecil adalah salah satu teman saya yang jarang aktif disosial media juga turut mengupload video konser tersebut. Semua orang secara rela turut serta menjadi advokatnya Coldplay.
Semua orang ingin membagi kebahagiaan mereka setelah menghadiri party ala ColdPlay.

In conclusion, Good products are always good promotions.

Salam marketing

R'eight management
We just do the R'eight thing
Or we make thing R'eight
On the R'eight Way..

0 comments:

Post a Comment

 
TOP