Loading...
Minggu, 31 Juli 2011

Selamat menjalankan Ibadah Puasa

Ramadan atau Ramadhan (dalam bahasa Arab : رمضان) adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam). Sepanjang bulan ini kami sebagai pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, salat tarawih, peringatan turunnya Al-Quran, mencari malam Laylatul Qadar, memperbanyak membaca Al-Quran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri. Kekhususan bulan Ramadan ini bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Al-Quran pada surat Al Baqarah ayat 185 yang artinya: "bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu..."(sumber :wikipedia).

Bulan Ramadan kali ini, alhamdulillah saya masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk menjalankannya. Biasanya, saat awal bulan ramadan saya menyempatkan diri untuk pulang ke Desa untuk memulai awal ramadan bersama dengan keluarga saya disana. Berhubung pekerjaan dan waktu yang tidak memungkinkan untuk pulang, puasa pertama terpaksa saya jalani di tempat kontrakan baru saya di Makassar.

Sumber : Vivanews.com
Meskipun tidak punya kesempatan untuk mengawali bulan ramadan kali ini di desa, tapi saya masih berkesempatan untuk memulainya bersama dengan Ibu dan adek bungsu saya. Ibu mengerti dengan kondisi saya, akhirnya dia yang menyempatkan diri untuk mengunjungi kami (saya dan adik keduaku).

Rasa senang dan bahagia menyelimuti kami, meskipun masih kurang rasanya karena masih ada Ayah dan adik pertamaku di desa yang tidak berkumpul dengan kami, tapi kami tetap merasa bahagia bisa Tarawih dan sahur bareng. Alhamdulillah...ya Allah.

Semoga diawal bulan Ramadan ini akan memberikan perubahan yang lebih baik kedepannya. Selamat menjalankan ibadah puasa, mohon maaf atas segala kekhilafan baik disengaja maupun tidak disengaja. Semoga amal ibadah di bulan yang penuh berkah ini diterima oleh Allah swt. Amiiin....Allahumma Amiin...

Makassar, 1 Agustus 2011

By : Lathifah Ratih

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP