Loading...
Senin, 04 Agustus 2014

Bale Bolu Nasu Khas Sinjai

Bale Bolu Nasu Gadis Sinjai #Lara
Karena banyaknya teman yang selalu menanyakan resep masakan Ikan bandeng yang aku buat setelah mencicipinya.

Awalnya Aku acuh aja, tapi akhirnya aku memutuskan untuk menuliskan resepnya langsung di Blog setelah seorang teman dari Tenggarong request lagi. Tujuannya tidak lain adalah menjelaskan secara details bahan dan cara masak ala Aku (LaRa)

Oke, langsung To the Point aja yah.
Bahan :
  •  Ikan Bandeng Segar 1 Ekor (Semakin besar semakin bagus)
  •  3 siung bawang merah (untuk tumisan, iris halus)
  • Asam jawa segenggam (sesuai selera)
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya (Pengganti MSG/Vetsin)
  • Kunyi bubuk secukupnya
  • Air
  • Minyak goreng secukupnya
  • Cabe Rawit 10 biji
Cara Membuat :  
Potong Ikan bandeng sesuai selera, buang empedu (jangan sampai meletus) dan bersihkan isi perutnya. Siapkan panci yang akan digunakan untuk memasak ikan. Tuang Minyak secukupnya untuk menumis, masukkan bawang merah yang telah diiris. Sambil menunggu bawang merah layu, racik kuah Ikan. Masukkan Asam Jawa, garam, kunyi dan gula secukupnya. Jika ingin menambahkan MSG/Vetsin tergantung selera. Saat bawang merah sudah melayu, masukkan ikan yang telah dibersihkan, kemudian kuah asam. Setelah mendidih dan bau kunyit tidak menyengat lagi, masukkan Cabe rawit bijian. Selamat mencoba. :)

Asal Usul

Berasal dari kata Bale (Ikan), Bolu (Ikan Bandeng) & Nasu (Masak) dalam bahasa bugis Sinjai, begitulah Suku Bugis di pedalamanku menyebutnya. Di Makassar, dengan makanan serupa orang menyebutnya Pallu (Masakan) Mara (Ini aku kurang tahu artinya).

Berawal dari kebiasaan turun temurun keluargaku yang mengajarkan anak cucunya memasak dari semenjak kecil, Aku belajar dari Ibu memasak berbagai masakan Bugis, salah satunya meracik bumbu khas bugis. Seorang perempuan di zamanku dan dikeluargaku tidak diperbolehkan keluar dari rumah tanpa bekal dari Dapur, setidaknya bisa menanak nasi, sayur dan memasak ikan.

Kenapa harus Ikan?
Karena orang bugis identik dengan lauk ikan, berbeda dengan suku Jawa yang cukup dengan, tempe tahu dan Ayam. Orang Bugis kadang belum merasa sah jika lauknya cuma ayam atau tempe tahu, sebaliknya tidak perlu Ayam jika sudah ada ikan.

Balikpapan, 4 Agustus 2014
#Lathifah Ratih

4 komentar:

  1. Mama juga suka buat ikan begini tapi saya lebih suka ikan cakalang :D

    BalasHapus
  2. Apakah karena alasan, ikan cakalang lebih kurang durinya dibandingkan ikan Bandeng?
    Terkadang banyak yang malas makan ikan bandeng karena durinya memang. he he

    BalasHapus
  3. laffarka liatki it masakan.. kangen deh masakan mama

    BalasHapus

 
TOP