Loading...
Sunday, June 14, 2015

Belajar Disiplin di Bulan Ramadan


Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Suci Ramadan, beruntunglah kita yang masih diberi kesempatan memasuki bulan penuh berkah yang hanya akan hadir sekali dalam setahun penuh ini. 

Bulan Ramadan sejatinya merupakan momentum yang tepat untuk kembali menata kedisiplinan kita. Jika sebelumnya kita terlalu banyak menggunakan waktu untuk hal – hal yang kurang bermanfaat, kini tibalah saatnya kita belajar memperbaiki dan menata ulang jadual kita dengan sebaik – baiknya karena kita tidak akan tahu kapan batas waktu yang Tuhan berikan kepada kita.

Puasa Ramadhan adalah ibadah yang sangat memperhatikan kedisiplinan dalam menjaga perjalanan waktu seperti niat berpuasa tidak boleh melebihi waktu terbit fajar dan berbuka puasa juga harus setelah terbenam matahari. Berniat pada malam hari adalah latihan disiplin tingkat awal, sebagaimana firman Allah: “Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai datang malam”. (QS. Al-Baqarah : 187).

Jangan biarkan waktu kita banyak terbuang hanya untuk mengurusi hal – hal tentang dunia lantas kemudian mengabaikan akhirat kita. Di Bulan Ramadan ini, marilah kita ngatur dengan baik waktu bangun kita, waktu makan kita, waktu sholat kita, waktu berbuka kita berbuka, waktu sholat tarawih, iktikaf, baca qur'an kita lakukan sesuai waktunya. Disinilah kita melatih diri untuk disiplin, kecuali orang tidak mau ikut latihan ini.

Disiplin adalah suatu sikap mulia yang hendaknya dimiliki setiap orang untuk mencapai keberhasilan. Sejak kecil, banyak di antara kita yang sudah diajarkan mengenai makna disiplin serta implikasinya pada kehidupan sehari-hari. Mulai dari bangun tidur, makan pagi, makan siang, tidur siang, dan seterusnya sampai tidur malam. Dibulan Ramadan, setelah sahur, kita bisa menantikan shubuh berjama’ah di Mesjid. Di Kantor, bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk berjama’ah Dzuhur, dan seterusnya.

Makassar, 15 Juni 2015
@PerempuanBugis

Note : Artikel ini masuk di Hal. Utama Newsletter R8Group Periode Juni 2015

0 comments:

Post a Comment

 
TOP