Loading...
Thursday, June 18, 2015

Taraweh Malam Pertama

Marhaban Ya Ramadan

Selamat datang bulan mulia, bulan penuh berkah. Tiaa hentinya saya mengucapkan syukur yang tidak terhinggan pada ALLAH atas segala nikmat yang diberikan pada saya dan keluarga saya.

Kesyukuran pertama, karena masih d panjangkan umur untuk bertemu dengan bulan penuh berkah, Ramadan. Kesyukuran kedua, karena ramadan tahun ini, saya tidak lagi berstatus sama dengan tahun lalu. Kali ini, ada seseorang  yang saya sebut suami yang selalu mewarnai setiap detik yang kulalui.

Jika sebelumnya sahur sendiri d kos - kosan karena berstatus perantau, kali ini ada suami disampingku yang selalu setia menemani setiap aktivitasku termasuk beribadah kepadaNya.

Malam pertama taraweh, saya dan suami memilih Mesjid yang sederhana yang sangat dekat dari rumah. Bahkan kami hanya berjalan kaki dengan membutuhkan waktu sekitar 7 menit-an.

Dalam perjalanan menuju mesjid itulah, saya dan suami mendapati pemandangan Langka yang baru kali ini saya lihat langsung. Kalau kata suamiku, beliau sudah terbiasa dengan pandangan seperti itu dari kecil. Khusus warga asli gowa, kegiatan tersebut sudah biasa sebagai upaya pencahayaan pada malam pertama ramadan.

Di setiap pintu  utama rumah warga, diletakkan lilin yang menyala pada sisi kiri dan kanan pintu rumah. Saya sempat menanyakan kondisi ini pada bapak  dan IBu, mereka menjawab bahwa itu adalah tanda bahwa para warga berharap rumahnya selalu d terangi berkah dari awal ramadan hingga akhir.

Menarik, akan tetapi hal ini memang pertama kalinya saya lihat karena  di daerah saya tidak pernah ada hal.semacam itu.

Unik sih, meski kata mereka itu adalah tradisi tapi setidaknya saya boleh berharap bahwa itu bukanlah salah salah satu dari bentuk kemusyrikan. Semoga saja, Amiiin.

Sungguminasa, 18 Juni 2015 (1 Ramadhan 1436 H)
@PerempuanBugis
#LatifahRatih

1 comments:

  1. wah, ada tradisi seperti itu ya, mba? Kalo di aku semalam mati lampu karena korslet listriknya jadi harus pake lilin. Bukan karena ngarep berkah ramadan. hehe.

    ReplyDelete

 
TOP