Loading...
Monday, August 24, 2015

Apakah Semua Sudah Merasa Merdeka?

Sumber Foto : Internet
Siapapun pasti tahu bahwa setiap tanggal 17 Agustus di peringati sebagai hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada hari itu akan kita jumpai warna merah putih berkibar di setiap halaman rumah penduduk, kantor – kantor dan sekolah – sekolah. Banyak sekali kegiatan rutin yang diliburkan, salah satunya pekerja kantoran.

Namun tidak demikian dengan anak sekolah, mahasiswa, dosen dan segelintir pengajar. Hari itu mereka justru harus bangun lebih pagi dari hari biasanya dikarenakan mereka harus berbondong – bondong hadir di lapangan guna melaksanakan upacara peringatan 17 Agustus meski disana ada yang bersuka cita namun ada pula yang merasa terpaksa harus  ikut demia iming – iming tambahan nilai.  Jika orang kantoran merayakan 17 agustus dengan libur kerja bersama, anak sekolah dan ibu guru upacara di sekolah, lain halnya dengan karyawan toko yang punya target penjualan setiap harinya. Mereka harus memperingati hari kemerdekaan dengan tetap bekerja demi memenuhi target penjualan mereka juga pemulung yang harus tetap mengais sampah demi makan anak dan istinya.

Saya juga pernah secara tidak sengaja mendengar sebuah celetuk singkat dari seorang Ibu – Ibu, katanya “Indonesia sudah Merdeka, tapi nasib kita dari dulu sampai tua masih begini – begini saja, mana harga – harga semakin mahal”. Juga pernah melihat sebuah foto yang di unggah seorang teman d Social Media, disana nampak seorang Veteran yang duduk di koridor dengan pakaian seragam veteran menikmati nasi bungkusnya, dibawahnya ada tulisan “Bagaimana Mau Merdeka, pejuangnya saja terabaikan”.

Saya melihat hubungan dari beberapa kasus tersebut, dari sana muncul sebuah pertanyaan, apakah kemerdekaan  benar – benar sudah di rasakan oleh seluruh rakyat Indonesia berdasarkan sila kelima Pancasila atau belum sama sekali? Pertanyaan selanjutnya jika belum, kenapa?.  Ada saja rasanya yang timpang saat mendengar kata “Merdeka” itu di ucapkan. Merdeka secara apa? Saya rasa itu harus diperjelas terlebih dahulu, terlebih jika membahas Sila kelima Pancasila “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Harus ada evaluasi ulang terkait penerapan sila tersebut. Jika Anda merasa belum dimerdekakan, Marilah Memerdekakan diri sendiri dengan banyak Beryukur…!!! 
DIRGAHAYU INDONESIAKU YANG KE  - 70 TAHUN (LaRa)

#Note : Tulisan ini disertakan dalam News Letter R8 Group Edisi Agustus 2015

1 comments:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Ingatlah Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaannya tetapi kondisinya saat itu adalah dalam penjajahan dan tidak berubah banyak sampai tahun 1950an.
    Akhirnya Indonesia kembali terjajah di era orba, jadi kita masih memperbaiki kesalahan2 di tahun tersebut. Ya, indonesia masih jauh dari kemerdekaan.
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete

 
TOP