Loading...
Sunday, July 24, 2016

Sunnah vs Mitos

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengakikahi Hasan dengan seekor kambing.” Kemudian beliau bersabda, “Wahai Fatimah, gundullah rambutnya lalu sedekahkanlah perak seberat rambutnya.” Ali berkata, “Aku kemudian menimbang rambutnya, dan beratnya sekadar uang satu dirham atau sebagiannya.” (HR. Tirmidzi no. 1519.

Sumber: https://rumaysho.com/1016-hadiah-di-hari-lahir-4-menggundul-rambut-kepala-bayi-pada-hari-ketujuh.html

Berdasarkan hadist diatas, bayi akhirnya banyak yang digundul pada saat setelah dilahirkan.

Hanya saja, Karena #babyputri tidak di gundul di hari ke tujuh yang bertepatan dengan aqiqahnya.... akhirnya baru di gundul pada hari ini (24/7). Dalam keluarga saya yang notabene saat lahir kebanyakan bayi botak... maka dari itu kami jarang ada yang digundul rambutnya.

Sedangkan dari keluarga suami, setiap bayi yang lahir katanya wajib di gundul meskipun itu sudah beberapa bulan.

Itulah yang melandasi akhirnya #babyputri kami diminta oleh bapak dan ibu mertua untuk dibawa ke Pasar Traditional Patalassang, Takalar untuk di gundul kepalanya.

Disana memang banyak tukang cukur khusus bayi yang baru lahir dan mau di gundul. Menurut cerita ibu mertua saya, jika kebanyakan orang memilih untuk mencukur rambut bayinya di pasar ini karena maknanya bagus apalagi di hari baik kayak tadi (Ahad,24 jul 16). Katanya patalassang diambil dari kata "Tallasa' " yang artinya "Hidup".

Untuk tarif setiap bayi yang di cukur juga bervariasi, mulai dari 10 ribu hingga 30-40 ribu. Tergantung apakah bayi itu anak pertama dan cukur pertama atau anak kedua sangat berpengaruh terhadap biaya. Saya tidak tahu dasarnya apa sehingga di tarik biaya berbeda.

Saya sebenarnya bukan tipikal orang yang gampang percaya dengan hal - hal yang berbau kepercayaan lama / mitos begitu. Tapi jika menyangkut sunnah Rosullahi Sallallahu alaihi wasallam (gundul), insyaAlloh dijalankan. Namun mengenai pemilihan hari baik dan mitos tempat cukurnya saya hanya berserah sepenuhnya sama Sang Khaliq. Terlebih itu karena murni inastruksi mertua yang tidak boleh di bantah karena akibatnya dosa dong. Hehe

#mitos
#sunnah
#wijaperempuanbugis

0 comments:

Post a Comment

 
TOP