Loading...
Monday, February 24, 2014

Flashpakers Borneo 2013

Pos 2, Tahu Sumedang, Balikpapan
Meskipun Eventnya sudah berlalu dari sejak 28 - 29 December tahun 2013, namun baru kali ini bisa menyempatkan diri untuk posting ke Blog. Event Flashpackers Borneo yang diselenggarakan Oleh Telkomsel ini, kesannya masih begitu terasa, mengingat banyaknya rentetan perjalanan, start dari Pantai Manggar 2, Balikpapan dan finish di Cafe Singapore, Bontang. Jangan mengira selama perjalanan itu kami mengendarai kendaraan sendiri dan sekali jalan, akan tetapi kami diwajibkan untuk melakukan hitchhike alias Nebeng kendaraan yang melalui jalur dan pos yang telah panitia tentuka.

Nomor Tim dan Fasilitas yang kami dapatkan sebelum start
Sebelum berangkat kami di bekali Kartu Perdana, Quota 5 GB dan Voucher Pulsa 200.000,- dari Telkomsel selain Baju kaos, payung dan perlengkapan untuk Nebeng nantinya.

Untuk sampai ke Kota Samarinda, setidaknya ada tujuh pos yang harus kami singgahi ditambah lagi beberapa pos bayangan untuk melapor dan wajib mengikuti challenge  yang panitia tentukan. Sedangkan untuk sampai di Bontang, setidaknya ada 5 Pos resmi diluar pos bayangan yang harus kami lalui. Yang menarik adalah, setiap pos yang telah di tentukan oleh panitia merupakan tempat wisata dan beberapa tempat yang berpotensi untuk menjadi objek wisata.  

Terus terang, ini adalah pengalaman pertama saya melakukan perjalanan Balikpapan - Samarinda - Bontang - Beras Basah tanpa mengeluarkan uang tunai sepeserpun alias Rp. 0,-. Tidak menjadi masalah bagi kami dalam hal kendaraan yang kami tumpangi. Terkadang kami harus menyetop Kendaraan pribadi dengan fasilitas mewah, Pick Up, nebeng Ojek Gratis sampai truk pengangkut batu bara dan pasir pun menjadi kendaraan penolong yang membawa kami melewati Pos demi pos untuk beradu cepat sampai ke garis finish.


Moment Numpang Pick Up
Untuk petualangan kali ini, aku dipasangkan dengan seorang cowok ganteng semester I di STT Migas, Aszhuara Bimo. Kami merupakan Tim 7 dari 15 Tim yang tiap Tim dibagi 2 orang per Tim. Meskipun teman setim sempat kewalahan pada detik - detik terakhir di pos terakhir di kota Samarinda karena kendala backpack yang kurang bersahabat namun kami tetap bisa mempertahankan prestasi.



Berikut ini rentetan kendaraan tumpangan kami, total keseluruhan tumpangan ada 24 dalam jangka waktu dua hari satu malam , Amazing....!!!

Rute dari : Balikpapan - Samarinda
Tumpangan 1 : Pick up hitam milik Pak Amad (Pantai Manggar - KM. 12)
Tumpangan 2 : Pick up hitam milik Pak Heri (KM 12 - KM 18)
Tumpangan 3 : Truck Coal Diesel warna kuning Pak Julak (KM 18 - KM 23 luar)
Tumpangan 4 : Avanza Silver (KM 23 - Masuk ke KWLH, Beruang Madu)
Tumpangan 5 : Nebeng Motor warga bonceng 3 (KWLH, Berung Madu - KM 23 luar) 
Tumpangan 6 : Honda Jazz Warna Kuning Hj. Hasmi , KM 23 Luar - Tahu Sumedang, KM 48)
Tumpangan 7 : Mobil Daihatsu Ibu Rosa, KM 48 Tahu Sumedang - Mesjid Ceng Ho
Tumpangan 8 : Mitsubishi, Fuso Pak Makmur, Mesjid Ceng Ho - Samarinda seberang
Tumpangan 9 : Pick Up Biru pak Nursyam, Samarinda seberang 
Tumpangan 10 : Pick up biru dongker pak rustam, Samarinda Seberang - Jembatan  Mahakam
Tumpangan 11 : Angkot hijau bayar pake Pulsa 5rb/org, Jembatan Mahakam - Islamic Center
Tumpangan 12 : Angkot hijau bayar pake Pulsa 5rb/org, Islamic Center - Mall Lembuswana
Tumpangan 13 : Angkot hijau bayar pake Pulsa 5rb/org, Mall Lembuswana - Simpang Sempaja
Tumpangan 14 : Pick up hitam, Simpang Sempaja - Sempaja (GOR)
Tumpangan15: Mobil Daihatsu Putih, Gor,Sempaja -Numpang nginap di rumah Mami di Muso Salim

Rute dari : Samarinda- Bontang (Finish)
Meeting Point Hari ke-2 adalah balaikota
Tumpangan 16 : Angkot merah bayar pake Pulsa 10rb/org, area balaikota - terminal lempake
Tumpangan 17 : Pick up hitam daihatsu, simpang lempake - RM. Kenari
Tumpangan 18 : Mobil Carrie, RM. Kenari - Tugu Khatulistiwa
Tumpangan 19 : Pick up hitam, Tugu khatulistiwa - simpang Bontang & Sangatta
Tumpangan 20 : Pick up putih, Simpang Bontang - Terminal angkutan Darat, Bontang
Tumpangan 21 : Angkot biru muda bayar pake Pulsa 15rb/org, Terminal angkutan Darat, Bontang - Gapura Bontang Kuala

Tumpangan 22 : Nebeng motor Supra, Gapura Bontang Kuala - Dermaga, Bontang Kuala
Tumpangan 23 : Motor Jupiter MX Merah, Dermaga Bontang Kuala - Jl. poros bontang kuala
Tumpangan 24 : Pick up silver, Jl. Poros Bontang Kuala - Cafe Singapore (Finish)
Masuk Koran "Tribun Kaltim"

Kami begitu menikmati setiap perjalanan kami, dan pada akhirnya kami mendapatkan juara "Favorite" dengan Hadiah Voucher Senilai Rp. 500.000,- dari Telkomsel (lumayaan).  Alhamdulillah....... Meski persiapan yang ala kadarnya sebelum berangkat karena baru daftar kurang dari 12 jam sebelum keberangkatan, setidaknya hasilnya memuaskan. Menariknya lagi, di detik - detik terakhir Event, kami mendapat bonus, jalan - jalan Gratis ke Beras Basah, dari Panitia. Meskipun ini kali ke dua mengunjungi Beras Basah, akan tetapi sama - sama menyenangkan. Perbedaannya, kalau kunjungan pertama berbayar, nah kali kedua ini yang Gretong alias Gratis.

Mungkin ada yang bertanya - tanya perihal transportasi kami saat pulang. Kami tidak lagi nebeng akan tetapi difasilitasi Bus Full AC + Wifi yang memang sudah disediakan oleh pihak Telkomsel, mulai dari Bontang sampai tiba di alamat masing - masing (kecuali peserta dari luar kalimantan). Fasilitas yang sangat berbalik arah saat kami berangkat. Menarik bukan? Tertarik untuk ikut Event Flashpackers yang diadakan Telkomsel di daerah - daerah lain??? :) Yukkk... Mareeeee


Bisa Juga Kunjungi Blog dengan postingan dengan versi yang berbeda, Rizal Abdillah, teman sesama peserta Flashpacker Borneo Disini.

#LaRa

0 comments:

Post a Comment

 
TOP