Wednesday, May 11, 2011

Belanda dan Pendidikan


netherlands, education, latifah, internet, petaBelanda atau Netherland, Mendengar nama Negara ini selalu saja membuat perasaan saya bersemangat dan menggebu-gebu. Dari dulu saya bermimpin untuk bisa menempuh pendidikan tinggi di Negara kincir angin ini, meski sampai sekarang belum tercapai.
Negara Belanda merupakan satu negara yang hebat di bidang pendidikan dan menjadi rujukan serta salah satu kiblat pendidikan dunia. Belanda merupakan salah satu Negara pelopor dalam membuat penemuan. Daftar panjang penemuan-amsterdam universitypenemuan yang meliputi ginjal buatan, cd, mikroskop, bandul jam dan teleskop, tidak membuat Negara ini berhenti untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
Salah sbrugmans netherlands educationatu pelopor dunia pendidikan yang berasal dari Belanda dan juga mantan Rektor perguruan tinggi di Eropa yaitu Hendrik Brugmans (1950-1972).
Sistem Pendidikan di Belanda, boleh dikatakan agak mirip dengan di Indonesia. Untuk sistem pendidikan sekolah tinggi/ lanjutan, Belanda mempunyai dua sistem yang umum diterapkan, pendidikan di Hogeschool (sekolah tinggi) atau biasa disebut university of proffesional education dan pendidikan di Universiteit (universitas) atau bisa juga disebut university. Pendidikan di universitas berpusat pada teori dan penyelidikan/riset untuk kepentingan akademik ataupun profesional. Sedangkan hogeschool lebih graduate_netherlandske arah sekolah dan belajar untuk persiapan menuju dunia kerja dan bersifat lebih ke arah praktek lapangan.
Ada kurang lebih 14 universitas di Belanda, diantaranya : Universitas Erasmus Rotterdam, Universitas Radboud Nijmegen, Universitas Kerajaan Groningen, Universitas Teknik Delft, Universitas Teknik Eindhoven, Universitas Amsterdam, Universitas Leiden, Universitas Maastricht, Universitas Nyenrode, Universitas Tilburg, Universitas Twente, Universitas Utrecht, Universitas Vrije - Amsterdam, dan Universitas Wageningen. Sedangkan untuk kategori pendidikan hogescholen, Belanda mempunyai 44 hogescholen yang tersebar di seluruh Belanda. Selain hogeschool dan universiteit, Belanda juga mempunyai Insititutes untuk pendidikan International (hanya untuk program Master) yang berorientasi pada pendidikan internasional dengan ilmu-ilmu untuk bidang pembangunan.
Negara Beinternet_training in Netherlandslanda banyak merubah pola berpikir dan pengalaman saya tentang dunia pendidikan khususnya pengetahuan tentang Informasi Tekhnologi (Internet). 
 Bagi infrastruktur internet, Belanda memiliki peran yang sangat penting khususnya dalam Domain Name System. Belanda juga merupakan salah satu dari delapan negara yang ikut mengelola situs .com (dot com), selain itu Belanda juga menjadi tuan rumah bagi tujuh dointernet_education_netherlandsmain utama lainnya. Maka tidak heran jika Pada tahun 2009-2010 Belanda berada di peringkat 9 dunia di bidang Informasi Teknologi Global. Daftar ini disusun oleh Forum Ekonomi Dunia dan lembaga pendidikan Prancis INSEAD.
Penggunaan jaringan internet di Belanda, tercatat paling tinggi di Eropa, mencapai 90 persen rumahtangga, dan pemerintah Belanda juga sangat menghormati prinsip kebebasan mengungkapkan pendapat di internet.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More