Loading...
Thursday, February 23, 2012

Jumat ke 12

Taman Adat Sendawar, Kutai Barat
Hari ini, Jumat 24 Februari 2012. Pada hari ini merupakan jumat ke 12 semenjak saya menginjakkan kaki saya di tanah Kubar (singkatan dari Kutai Barat). 

Lambang
Sekedar berbagi untuk para sahabatku, Kabupaten Kutai Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Dengan Ibukota Sendawar, merupakan pemekaran dari wilayah Kabupaten Kutai yang telah ditetapkan berdasarkan UU. Nomor 47 Tahun 1999. Dengan luas sekitar 31.628,70 Km2 atau kurang lebih 15 persen dari luas Propinsi Kalimantan Timur dan berpenduduk sebanyak 165.934 jiwa (hasil sensus pendududk 2010) , Secara Geografis Kabupaten Kutai Barat terletak antara 113'048'49" sampai dengan 116'032'43"Bujur Timur serta diantara 103'1'05" Lintang Utara dan 100'9'33" Lintang Selatan. Adapun wilayah yang menjadi batas Kabupaten Kutai Barat adalah Kabupaten Malinau dan Negara Sarawak (Malaysia Timur) di sebelah Utara, Kabupaten Kutai Kartanegara di sebelah Timur, Kabupaten Penajam Paser Utara di sebelah Selatan dan untuk sebelah Barat berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Tengah serta Propinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Kutai Barat terbagi menjadi 21 Kecamatan dan 238 Kampung. Kedua Puluh Satu Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Bongan, Kecamatan Jempang, Kecamatan Penyinggahan, Kecamatan Muara Pahu, Kecamatan Muara Lawa, Kecamatan Damai, Kecamatan Barong Tongkok, Kecamatan Melak, Kecamatan Long Iram, Kecamatan Long Hubung, Kecamatan Long Bagun, Kecamatan Long Pahangai, Kecamatan Long Apari, Kecamatan Bentian Besar, Kecamatan Linggang Bigung, Kecamatan Nyuatan, Kecamatan Siluq Ngurai, Kecamatan Manor Bulatn, Kecamatan Sekolaq Darat, Kecamatan Tering dan Kecamatan Laham (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kutai_Barat). 

Peta lokasi tempat kerja "tambang"
Sahabat, Disamping ini adalah lokasi tempat/perusahaan dimana saya bekerja dan tinggal. 

Seperti yang sudah terjelaskan diatas, ada beberapa kecamatan yang terdapat di kutai barat, nah saya tinggal di kecamatan Muara lawa. Di kecamatan ini, hampir semua penduduknya adalah pendatang, dan 60% adalah orang bugis, sisanya ada yang jawa, sumatera, toraja, dan penduduk setempat tentunya.

Tinggal di kecamatan Muara Lawa tidak berarti saya tidak mengunjungi kecamatan di sekitanya, saya pernah ke kecamatan Damai juga, disana merupakan pemukiman penduduk yang notabene non muslim. Orang menyebutnya "Orang Benua", bahasa mereka juga tidak seperti bahasa - bahasa lainnya, sangat berbeda.

Selain Muara Lawa dan Damai, ada dua kecamatan yang rutin saya kunjungi, yaitu Kecamatan Barong tongkok dan Melak. Di kecamatan barong Tongkok ini merupakan kawasan bisnis yang paling dekat dengan Kecamatan Muara lawa. Disana ada pasar "Barong" berhadapan langsung dengan kantor Polisi besar yang mana pasar ini selalu dikunjungi setiap hari oleh masyarakaat sekitar barong dan merupakan tempat pendistribusian barang-barang yang berasal dari Balikpapan, Samarinda dan kota - kota di sekitarnya.

Sedangkan Kecamatan Melak "Sendawar" Sendiri, merupakan  Ibu kota di Kutai Barat. Melak merupakan Tujuan utama saya, Rutin setiap minggu saya berkunjung ke sana, tiada lain tujuan saya adalah berhubungan dengan pekerjaan saya yang selalu harus berhubungan dengan Pihak Bank, Rumah Sakit, dll yang memang bertempat di Melak, Sendawar.

Sampai saya menulis informasi ini, Alhamdulillah keadaan saya sehat wal-Afiat, meski pernah 2 minggu lalu Drop karena sedikit kecapean, tapi Alhamdulillah,,I am Fine..

Kutai Barat, 24 Februari 2012

Lathifah Ratih

8 comments:

  1. waaa kak ratih sekarang di kubar yaa. oya kak kita kopdarnnya jam brp?

    ReplyDelete
  2. @Youko88 : iya deeek,, saya kerja disini.... OK. insya Allah ke Samarinda sy pasti kasi kabar deeeh.. janji.. #angkat 2 jari..he he

    ReplyDelete
  3. Sukses selalu di manapun bumi berpijak... ^^

    ReplyDelete
  4. Serasa membaca laporan perjalanan ke Kubar.... Sukses yaaa dengan kerjaannyaa.... "DI mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung"... :D

    ReplyDelete
  5. @sam : makasih KK sam... :) Qt juga... he he

    ReplyDelete
  6. hoooo yang mau kopdaran :D
    ganbatte. . .

    ReplyDelete

 
TOP