Loading...
Thursday, May 15, 2014

Bukti Sejarah itu Bernama Gojeng

Pintu Utama 
Kabupaten Sinjai selain dikelilingi oleh hutan bakau pada daerah pesisir, air tejun dan banyak lagi hal menarik lainnya, juga terdapat banyak bukti sejarah yang masih dirawat hingga saat ini. Salah satunya adalah Taman Purbakala Batu Pake Gojeng. 

Disambut dengan Papan Batu

Terus terang, ini adalah salah satu tempat favoriteku saat berkunjung ke Sinjai. Setiap kali aku pulang ke tanah kelahiranku di Sinjai, sudah menjadi kewajiban untuk datang ke tempat itu meskipun hanya beberapa saat lamanya. Aku sangat menyukai hawa dingin dan hembusan angin sambil menikmati pemandangan Kabupaten Sinjai dan deretan Pulau Sembilan dari kejauhan. 

Dari Gojeng bisa melihat Pulau Burung Lohe dari kejauhan dan pulau lainnya

Ketinggian Taman Purbakala Batu Pake Gojeng ini sendiri bekisar 59 - 96 Meter dari pemukaan laut. Untuk sampai ke tempat ini dari kota Sinjai bekisar 2 Kilometer jauhnya, sementara dari tempatku di Kecamatan Sinjai Timur, memerlukan waktu sekitar 30 Menit, mengingat jalan yang dilewati kurang bagus.

Kata Bapak, Batu Pake gojeng itu dulu adalah tempat para tentara jepang mengintai yang kemudia mereka jadikan markas untuk memudahkan mereka mengintai musuh, entah musuh yang dimaksud penduduk Sinjai sendiri atau lainnya, entahlah Bapak bilang itu pada masa Raja - Raja sebelum Aku lahir.

Di Taman Purbakala yang aku suka adalah hamparan rumputnya yang menghijau serta taman - taman yang tertata dengan Rapih. Disini juga terdapat sebuah Rumah Adat, tepat berada di sudut taman dengan sebuah Batu dengan bukti peresmian pada depannya.

Rumah Adat & Batu dg bukti peresmian


Pada Taman - taman terdapat beberapa jenis burung, ayunan yang sangat cocok untuk bersantai serta beberapa Gazebo yang bisa menjadi tempat berteduh. Gazebo tidak hanya berada di bagian bawah taman, akan tetapi, Gazenbo bisa kita Jumpai di bagian Atas Taman.

Bukti deretan Tangga untuk mencapai puncak


Untuk mencapai Puncak Taman Purbakala Batu Pake Gojeng, disana terdapat tangga yang menurut informasi dari website Kabupaten Sinjai, berkisar 120 buah anak tangga (aku belum pernah hitung sih, naik aja capek... harus nambah hitung lagi, owww gag sanggup....hihi). 

Batu - batu yang berserakan pada bagian atas


Pada Puncak Taman Purbakala Batu Pake Gojeng ini terdapat banyak batu batu pahat  yang dipercaya sebagai kuburan batu zaman dahulu. Selain Batu - batu yang dipahat, juga terdapat banyaj pepehonan yang sudah berumur tua, lubang - lubang kecil dan sedang berada di tengah - tengah batu serta sebuah batu besar yang bertengger tepat dipinggir tanpa penyangga.

Jangan heran jika sampai di puncak dan dalam keadaan ngos - ngosan akan menemukan banyak muda mudi yang menjadikan tempat Wisata yang dibanggakan Kabupaten Sinjai ini sedang berduaan yang hanya datang untuk sekedar pacaran atau ber kelompok sedang berdiskusi tentang banyak hal. Selain sebagai tempat wisata yang asik, Taman Purbakala ini juga banyak digunakan oleh komunitas dan organisasi untuk bertukar pendapat, diskusi dan lain sebagainya, terlebih setelah di adakannya Wifi Gratis di wilayah Taman Purbakala Batu Pake Gojeng.

Kami menghabiskan waktu hingga sore hari disana sambil menunggu teman dari Komunitas Blogger Sinjai yakni Arhy dan Dedy. Kami bertemu di puncak, bercerita tentang rencana ke Pulau Sembilan, Pantai Bira dan kemudian kami lanjutkan dengan berfoto bersama (Agenda Wajib).

Oia, selain kunjungan Pada hari ini, aku sudah beberapa Kali membawa teman - temandari Luar Sinjai bahkan Luar Indonesia untuk mengunjungi Taman Purbakala Batu Pake Gojeng. Berikut foto - fotonya. 


Teman - Teman Blogger dari Makassar yang harus kecewa karena tutup lebih cepat


Teman dari Belanda

Sinjai, 28 Maret 2014

#Lathifah Ratih

4 comments:

  1. Hm ... jadi tempat rekreasi sekaligus tempat pacaran ya ...

    Jadi ingat di Soppeng juga ada Taman Purbakala-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha. iya kak Niar... kadang disalah gunakan, tapi kalau ketahuan penjaganya bahaya. he he
      Iyaa.. Di soppeng juga ada yakk ^_^

      Delete
  2. Itu sampai ajak teman dari luar negeri yah? berarti kapan2 saya juga kepengen diajakin yah :)

    Tapi karena ini kunjungan perdana jadi kenalan dulu biar jadi teman (terus bisa diajak berkunjung) :)
    Kalau berkenan, mampir juga di blogku yah sekalian folback ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Fadly boleh banget, ayukkkk.. #ngajakin
      iya,di Follow Back balik yoo. makasih dah Follow

      Delete

 
TOP