Loading...
Thursday, October 27, 2011

Ada apa Dengan Hari ini?

Hari Sumpah Pemuda
Sumber Gambar : Internet
Hari ini adalah hari diperingatinya hari sumpah pemuda.  "Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945" (Sumber : http://id.wikipedia.org).

Isi dari Sumpah Pemuda itu sendiri seperti dibawah ini :

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928



Atas dasar ini, pemuda - pemuda indonesia diharapkan bangkit dari ketertindasan. Tanggal 28 Oktober 1928 indonesia Lahir, para pemuda berupaya melepaskan diri dari ketertindasan dari kaum kolonialis pada masa itu. Satu jawaban atas pertanyaan besar saat itu, kenapa mereka melawan??? jawabannya "KARENA MEREKA TIDAK MAU TERTINDAS"

Satu pertanyan yang sangat besar saat ini. Apakah semangat para pemuda saat ini masih sama dengan semangat para pemuda pada tahun1982??? Saat ini, banyak penindasan - penindasan yang lebih kejam dari masa itu, entah para pemuda peka melihatnya atau tidak. 

Banyak pemuda diluar sana yang selalu meneriakkan Anti Penindasan, lalu kemudian Bungkam saat Materi sudah berbica. Apakah segalanya sudah harus Materi yang berbicara? harusKah kita terus tertindas?? Mengorbankan banyak pemuda dan rakyat yang tertidas demi materi untuk membungkam yang satu atau beberapa? ENTAHLAH Satu Harapan buat yang masih berjuang..teruskanlah perjuangan..jangan pernah menyerah.. Demi Negara Kita tercinta..Indonesia.. "selamat Hari SUmpah Pemuda".


Agenda Hiking

Karena momentnya lagi hari Sumpah Pemuda, hari ini saya dan beberapa orang teman juga akan sedikit berpetualang, mencoba untuk berjuang menaklukkan Puncak bawakareng,,,,,,Eh salah,,,masih Ramma dulu (lembahnya) ...he he ^_^ Maklum masih pemula. Insya Allah bawakaraengnya nanti.. ^_^

Saya berharap Doa dari semua Teman - teman atas misi ini. Insya Allah cerita bakalan saya share deeeh.. ^_^


1 Dzulhijjah 1432 H


Selain Hari Sumpah Pemuda, Hari ini juga bertepatan dengan tanggal 1 Dzulhijjah. Dengan demikian, minus 9 hari lagi Ummat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Qurban (10 Dzulhijjah) yang jatuh pada hari Ahad tanggal 6 November 2011. Hari raya Idul Qurban  diadakan setiap sekali dalam setahun. 


Pada tanggal 10 Dzulhijjah, serempak di seluruh dunia umat islam akan melaksanakan shalat Idul Adha, dan disunnahkan untuk menyembali binatang/hewan (berqurban). Sebagaimana Allah Berfirman Sesungguhnya Kami telah memberimu nikmat yang banyak. Maka   laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan sembelihlah kurban.”   (QS Al-Kautsar 1-2)


Ada keistimewaan tersendiri dari Hari Raya Idul Adha, yakni waktunya bersamaan dengan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Pada tanggal 10 Dzulhijjah para jemaah haji yang telah selesai wukuf di Arafah akan melontar Jumratul Aqabah di Mina.


Keistimewaan lain ialah kewajiban menyembelih kurban selesai menunaikan salat Idul Adha atau pada hari raya Tasyriq yakni tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah. Kaum muslimin juga dianjurkan melantunkan takbir, tahlil dan tahmid mulai dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 13 Dzulhijjah (empat hari termasuk hari-hari tasyriq). Kalau Idul Fitri kita hanya disuruh bertakbir, bertahlil dan bertahmid hanya sampai usai salat Ied, maka pada Hari Raya Idul Adha kita melakukannya selama empat hari.

Makna hakiki dari ibadah kurban yang diwajibkan kepada seorang muslim yang memiliki kemampuan adalah ‘kerelaan berkurban’ sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Ibrahim As, Nabi Ismail As dan Siti Hajar. Mereka rela berkurban demi kepatuhan dan ketaatannya kepada perintah Allah SWT. (sumber : http://palembang.tribunnews.com)

"Saya pernah berkata, kalau Untuk mencapai puncak yang  tertinggi harus mulai dari bawah, semua itu butuh perjuangan untuk menggapainya, Jalan licin, tanjakan, pendakian dan jurang yang terjal adalah rintangan yang harus bisa dilalui. Untuk lepas dari penindasan dan terbebas dari segala penindasan dibutuhkan perjuangan kawan, jangan pernah menyerah, rintangan pasti bisa kita lalui. Untuk mencapai Ridho Allah, dibutuhkan perjuangan dengan melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya" SEMANGAT PEMUDA INDONESIA.....Happy Idul adha Moment... ^_^

Makassar, 28 Oktober 2011


Lathifah Ratih

2 comments:

  1. wah baru tau lho isi sumpah pemuda versi asli..

    kata-katanya jadul amat ya... *kemana aja gue*

    yuk, jangan bikin malu ke leluhur2 kita terdahulu yang udah berjuang demi bangsa ini :)

    ReplyDelete
  2. @tukang Colong : Bangsa ini rindu akan Pemuda - pemuda pada masa itu... selamat berjuang kawand.. ^_^

    ReplyDelete

 
TOP